I'M GOOD AT FIRST, THEN I'M BETTER NOW. BUT, I WON'T BE THE BEST. STILL BETTER AND BETTER. LEARN AND BETTER...

Sunday, March 6, 2011

MANFAAT BERSEPEDA BAGI KESEHATAN


Kayaknya udah gak asing lagi yah guys, kita menjumpai para pesepeda, entah untuk olahraga, bekerja, bersekolah dan lain-lain. Sesuai dengan perkembang zaman dan kesadaran masyarakat akan penting nya berolahraga dan pentingnya menciptakan lingkungan yang sehat dari polusi udara, bersepeda menjadi life style, bagi sebagian masyarakat..

Gak afdol guys, kita hanya bergowes gowes tapi gak tau manfaat nyata dari ‘gowes’ itu sendiri bagi kesehatan, intip yuk guys..

gowes secara teratur dapat membantu menghindari dan mengontrol banyak jenis penyakit, seperti obesitas, kelainan jantung dan radang sendi. Olah raga yang “low impact” ini (tidak rawan cedera),  merupakan cara yang “hemat energi” untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain, karena untuk menempuh jarak satu kilometer, memerlukan energi yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan berjalan kaki. Mungkin hal itulah yang menjadikannya sebagai  alat transportasi yang paling populer, diperkirakan setiap hari satu milyar orang mengendarainya di seluruh dunia.
menggowes ke tempat kerja (bike to work) atau ke warung sekalipun, merupakan cara yang paling hemat waktu untuk melakukan olah raga secara rutin. “Dosis harian” olah raga kalian akan terpenuhi tanpa harus menghabiskan banyak waktu di tempat fitness (gymnasium).

Manfaat Bersepeda   Secara Teratur
Tubuh manusia didesain untuk bergerak. Riset membuktikan bahwa berolah raga secara rutin selama 30 menit dalam satu hari memberikan banyak manfaat, walaupun waktu yang 30 menit itu.

-      Untuk Hati dan Jantung
gowes tiap hari akan melatih nafas kita untuk bernafas lebih panjang di bandingkan dengan orang yang tidak bersepeda, bersepeda lebih efektif dibandingkan dengan senam erobic dan lebih mengasikan.
Bersepeda merupakan salah satu bentuk olah raga yang paling efektif dan murah untuk mencapai kesehatan yang mahal harganya. Sebagai contoh, bersepeda dan mengurangi resiko serangan jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes, untuk itulah kenapa bersepeda merupakan salah satu sarana untuk hidup sehat.
Hasil penelitian menyebutkan bersepeda dalam jarak yang pendek dan sering dilakukan akan mengurangi kematian kurang lebih 22%.

-      Berat Badan
Bersepeda dapat dijadikan salah satu program untuk mengurangi berat badan. Dengan bersepeda kita sama saja membakar energy kita yang dihasilkan dari makanan yang kita konsumsi semisal coklat dan sedikit minuman beralkohol (sekitar 300 kalori).
Hanya dengan 15 menit bersepeda dari rumah ke kantor kita 5 – 6 kali dalam seminggu, kita telah berhasil mengurangi berat badan kita 11 pounds dalam satu tahun.

-         Mood
Bersepeda memberikan efek yang positif pada perasaan dan suasana hati kita. Bersepeda dapat mengurangi depresi, strees, meningkatkan mood dan memotivasi diri kita. Sebagai contoh dengan bersepeda kita dapat melihat lingkungan sekitar secara lebih seksama, bersosialisasi dengan lingkungan, menikmati pemandangan alam dan udara yang segar. Bonus dari semua itu adalah kesehatan.



So guys, let's go biking for our healthy ..

sumber:

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Popular Posts

About Me

My Photo
"How high you climb the ladder of success & status is not measured in height but rather by how many people will catch you if you fall" hanya seorang mahasiswi teknik industri yang mempunyai segudang mimpi dan angan..

berapa orang yang berkunjung

Recent Posts

twitter


    Follow me on Twitter

    Search This Blog

    Loading...

    Popular Posts